Prof. DR. Dr. Wimpie Pangkahila, SpAnd

Wimpie Pangkahila adalah seorang Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar. Kini dia menjabat sebagai Koordinator kekhususan Anti-Aging Medicine Program Magister dan Doktor di institusi negeri itu. Selain itu Wimpie juga sebagai Ketua Bagian Andrologi dan Seksologi. Pada tahun 2007 Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd memrakarsai pembentukan Program Magister Kekhususan Anti-Aging Medicine di Universitas Udayana, yang tercatat sebagai yang pertama di dunia. Pengakuan ini disampaikan melalui sertifikat yang diberikan oleh American Academy of Anti-Aging Medicine dan Piagam Rekor Dunia dari MURI.

​Latar belakang pendidikan tingginya dimulai dari S1 dan dokter umum di Universitas Udayana, Post Doctoral Program di University of Washington USA, spesialis Andrologi di Universitas Airlangga, dan pendidikan Doktor di Universitas Airlangga.

​Wimpie telah menghasilkan sejumlah karya ilmiah berupa 4 buku tentang Anti-Aging Medicine, 1 di antaranya dalam bahasa Inggris. Sebelumnya dia telah menulis 21 buku tentang seksualitas-2 buku di antaranya juga diterbitkan di Malaysia, sebagai kontributor pada buku International Encylopedia of Human Sexuality, kontributor pada buku Bunga Rampai Obstetri Ginekologi Sosial, dan sebagai penulis 180 makalah ilmiah. Di luar karya ilmiah terkait bidang ilmunya, ternyata Wimpie telah menulis 1 buku tentang masalah sosial kemasyarakatan, 2 novel, dan 2 buku kumpulan puisi, Selain itu Wimpie juga menulis artikel Opini di media massa terkemuka.

​Di bidang organisasi, Wimpie adalah Ketua Indonesian Center for Anti-Aging Medicine (INCAAM), Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Ketua Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI).

Leave a Reply